Galery Berbagai makanan Dari cilacap




Gembus merupakan makanan tradisional Cilacap yang hampir punah. Bentuknya bulat dan berlubang di tengahnya seperti donat. Dulu, Gembus sangat populer, setiap sore hari maupun pada saat hajatan warga, makanan ini mudah dicari. Pencinta Gembus menikmatinya saat masih hangat, dipadu dengan mendoan dan sayur pecel.

Kini gembus makin susah dicari. Anak-anak kelahrian 1985-an ke atas kadang tidak pernah mengenal dan menikmati jenis makanan ini. Para pedagang Gembus sulit ditemukan, mereka dikalahkan dengan jenis makanan buatan pabrik yang banyak berear di warung-warung kecil sekalipun.

Para pembeli Gembus, umumnya sudah separuh baya. Pembeli mengaku mencari Gembus hanya sebagai kelangenan. Sementara itu, anak-anak muda lebih menyukai makanan-makanan yang dibuat oleh pabrik, seperti snack, wafer, roti, dan lain sebagainya.

Kesulitan utama dalam membuat Gembus adalah mendapatkan bahan bakunya, yaitu ketela pohon. Ketela pohon susah didapatkan di desanya sehingga ia harus mencarinya di pasar. Selain itu, ia masih berjualan di luar areal pasar sehingga saat hujan sangat repot dan sepi pembeli.
 


Bahan:

300 g tempe, iris lebar tipis 10x15 cm
2 batang daun bawang, iris halus
100 g tepung beras
1 sdm tepung terigu
125 ml air
minyak goreng

Haluskan:

2 siung bawang putih
1 butir bawang merah
1 sdt ketumbar
½ sdt merica butiran
2 sdt garam

Cara membuat:

- Aduk tepung dengan bumbu halus, daun bawang, dan air hingga rata.
- Celupkan tiap potongan tempe dalam adonan tepung.
- Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga adonan tepung membeku tetapi belum mengeras, matang tetapi tidak kuning atau kering. Angkat, tiriskan.
- Sajikan hangat dengan sambal kecap rawit. Untuk 12 buah.



Tempe Mendoan







Lemet cilacap

Ibu Saya paling rajin membuat penganan ringan sederhana di akhir minggu. Lemet singkong ini kegemaran saya, legiiit.... :-) Biasanya lemet singkong ini beliau bungkus memakai daun pisang muda. Tapi berhubung mencari daun pisang muda termasuk susah di kota ini jadi memakai wadah tahan panas pun jadilah. ;-)
Bahan_Bahan
250 gr singkong
125 gr kelapa muda, parut
gula pasir halus/caster sugar sesuai selera
garam secukupnya

1. Kupas, cuci bersih singkong lalu parut.
2. Campur parutan sigkong, kelapa, gula, garam. Aduk rata.
3. Taruh dalam wadah tahan panas yang telah di ulas sedikit mentega atau minyak sayur. Kukus selama 20 menit atau hingga matang.

Catatan: jika mempergunakan daun pisang muda. siapkan daun pisang uk20x15cm. letakan adonan 2sdm. bungkus seperti lontong. semat kedua ujung dengan potongan lidi atau ikat kedua ujung dengan tali rami. Lalu kukus.

Tempe Dages Di Oseng
http://bimosaurus.files.wordpress.com/2009/04/gembus.jpg

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More